Google translate

Minggu, 25 April 2010

CARA BETERNAK TOKEK

Jadi yang saya tulis ini menurut pengalaman saya selama setahun ini. Tujuannya yaitu MEMELIHARA. Bukan sistem seperti pengepul dalam jumlah besar. Kalao seperti itu cukup dibuatkan gudang dan taruh semua  disana, sudah selesai. Saya bilang seperti ini karena saya melihat dari para pengepul di Malang dan Purworejo. Sekali lagi saya minta maap untuk itu, bukan bermadsut meremehkan ataupun menyepelkan para pengepul  besar. Sudah bukan rahasia lagi jika sudah ada  yang dikeringkan lalu diexport. Karena jika dikeringakan tidak mempengarui berat ataupun ukuran. Menurut para pengepul yang saya tanya.
Sifat 
1 Ini yang saya tau,  mempunyai tahan lapar, serta tahan cuaca.
Jadi kalo  gak diberi makan selama 1 minggu ato 2 minggu, itu gak masalah. Atopun dicuaca panas ato dingin itu juga gak masalah.
2. Sifat yang berikutnya  bersifat agak kanibal
Jadi jika dia kumpul jadi 1 kandang, dan merasa lapar,dia bersifat kanibal.
Dia mempunyai pedoman siapa yang kuat dia yang menang, jadi ada hukum rimba di sini. Jadi saran saya 1 kandang 1 . Supaya tidak ada persaingan makanan.
3. Sifat yang berikutnya  gampang stres
Dan Karena  yang gampang stres, maka sekali diletakan dikandang, jangan dipindah pindah lagi baik  maupun kandangnya. Tujuannya supaya tidak stres, akibatnya dia akan gak doyan makan. Sebenarya  mati, rata rata mengalami stres. Soalnya ketika saya pertama kali banyak yang mati.
4. Jadi peletakan kandang diusahakan cari tempat yang sesuai. Tempatnya usahakan di luar, kalo bisa dibawah pohon. Tujuanya supaya tetap merasa di alam.
5. Untuk adaptasi  dari ditangkap dan masuk kandang, biasanya  tidak mau makan selama 2 minggu ato bahkan lebih. Tapi jika kandang dibuat dari kayu, adaptasi akan menjadi lebih cepat. Jadi saya sarankan buat kandang dari kayu.
6. Berikutnya tujuan saya memisahkan per kandang yaitu supaya  tidak bertelur ato berkembang biak. Karena tujuan utama saya yaitu membesarkan bukan membudidayakan.
7. Untuk ukuran kandang bebas, syaratnya harus dari kayu, dan agak gelap. Madsutnya gelap semua tertutup kecuali pintu mengunakan kawat streamin. Dan usahakan max 2 ekor  dalam 1 kandang. Kalo ditempat saya menggunakan bekas lemari baju dari kayu, saya modif dengan pintu menggunakan kawat streamin.
8. Untuk makanan, saya sudah konsultasi dengan dokter hewan. Jadi belum ada obat ato vitamin yang bisa membesarkan binatang ini. Tapi dia memberi saran, bahwa serangga adalah makanan favorit . Ini akan merangsang menjadi lebih besar. Dalam hal ini saya menggunakan jangkrik sebagai makanan. Jika ada temen2 yang tau ada obat ato vitamin buat binatang ini
Sekali lagi hanya niat yang bisa membesarkan  tersebut. Dengan niat semua akan lebih enak menjalaninya.
Untuk kenaikan berapa ons atao berapa lama, itu tidak bisa diprediksi. Semua serba tergantung. Jadi tau dong jawabanya….
Demikian sedikit ilmu dan pengalaman yang saya punyai untuk dibagikan buat temen temen yang membutuhkan. Ini terinspirasi dari salah seorang yang meminta saya untuk membuat tulisan ini. Saya ucapkan terimakasih buat “seseorang “ ini. Saya ucapkan terimakasih….nuwun dan pamit.
Kalo ada yang kurang jelas silahkan



artikel bagus nich keren keren hehehehE kalo ada yang mau coba silahkan.saya sendiri juga lagi mencobanya heheheh

www.artikelindonesia.com

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar